MENUNTUT ILMU ITU PENTING !


Menurut saya menuntut ilmu itu sangatlah penting karena ilmu adalah cahaya kehidupan. Apabila hidup tanpa ilmu maka akan terasa bosan dan biasa-biasa saja, tetapi kalau ada ilmu maka akan terasa selalu ingin tau tentang banyak hal dan selalu semangat untuk mencarinya. 

Selain itu, ilmu merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi karena ilmu akan mengarahkan jalan kehidupan supaya dalam jalan yang benar dan tepat, selain ilmu pengetahuan, kita juga dianjurkan menuntut ilmu agama supaya mengetahui bagaimana hukum-hukum islam dan bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Kebutuhan manusia kepada ilmu sangat banyak sebab ilmulah yang membimbing kita untuk menjadi lebih baik. Ilmu hanya diperoleh dengan belajar maka dari itu kita sebagai pelajar harus semangat dan giat belajar supaya menjadi pelajar yang teladan agar bisa membanggakan orangtua dan negara. 

Ilmu juga memiliki keutamaan, salah satunya adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada Allah SWT dan semakin memperkuat iman kita agar terhindar dari godaan-godaan syetan, ilmu juga bisa disebut pelindung, kenapa kok bisa disebut begitu? karena ilmu akan menjaga diri kita dari hal-hal buruk apabila kita berilmu maka tidak mudah terjerumus pada hal-hal buruk, pasti kita akan berfikir dua kali saat akan terjerumus dalam hal buruk. 

Ilmu dihasilkan dari usaha dan belajar kita, maksudnya gini, apabila kita menuntut ilmu harus diniatkan sungguh-sungguh maka nanti mendapat ilmunya juga sungguh-sungguh, contohnya ada teman satu kelas, teman yang satu sungguh sungguh dalam belajar dan yang teman kedua hanya ikut-ikutan saja nanti pasti hasilnya berbeda meskipun guru menyampaikannya sama, saya yakin 100% hasilnya pasti lebih bagus yang menuntut ilmu sungguh-sungguh. 

Ilmu juga bisa membuat derajat manusia naik dan bisa untuk menjadikan manusia bermoral serta berakhlak baik supaya bisa masuk surga dan tidak sia-sia hidup di dunia, itu sudah ada di dalam Al-Qur'an dan ada juga hadistnya. 

Menuntut ilmu juga merupakan ibadah kepada Allah SWT dan terdapat keutamaan-keutamaan tertentu dalam proses menuntut ilmu. Pentingnya menuntut ilmu adalah untuk membuktikan kekuasaan Allah SWT. Dengan adanya ilmu, manusia dapat belajar tentang Al-Qur'an dan ilmu pengetahuan yang nyata di muka bumi ataupun yang ghaib di akhirat kelak. 

Menuntut ilmu tidak hanya sebatas akhirat saja, tetapi juga menuntut ilmu tentang kehidupan, sangat jelas kunci utama sukses adalah ilmu sukses dunia maupun akhirat. Dalam kehidupan, kita memerlukan ilmu yang dapat menopang kehidupan di dunia dan mempersiapkan kehidupan akhirat. Contohnya, ilmu tentang bekerja dan da'i yang pasti akan berguna untuk kehidupan, dengan demikian insyaallah kebahagiaan dunia dan akhirat akan TERCAPAI


By : Rafi Adi Putra (IX)

Komentar

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REFRESING BERSAMA KELUARGA LPI AL IKHLAS MANTREN

SMP-IT Al Ikhlas Mantren Juara I Lomba MHQ yang diadakan IIS PSM Magetan