CARA UNIK BELAJAR DI RUMAH 


Untuk mencegah penyebaran Covid -19, beberapa daerah menghentikan sementara proses pembelajaran di sekolah seperti di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Semua siswa diwajibkan belajar di rumah mulai 16 Maret 2020. 

Menghadapi kebijakan belajar di rumah, SMP IT Al-Ikhlas Mantren membuat program yang melibatkan paguyuban orangtua dalam mendampingi belajar di rumah, jadi masing-masing kelas di beri soal. 

Berikut beberapa tips melibatkan orangtua dalam proses belajar di rumah terkait penanganan virus Corona : 
 1. Materi belajar lewat HP 
Meski tak dapat bertatap muka, guru sudah menyiapkan materi pembelajaran dan tugas untuk siswa. Soal dari guru harus dikerjakan siswa sendiri, jadi setiap pagi tugas diberikan melalui HP. 
2. Melaporkan hasil belajar kepada guru 
Memberikan tugas daring ternyata meningkatkan antusias siswa dalam mengerjakan tugas, begitu soal dikirimkan, murid-murid mengerjakan dan mengirimkan jawaban dari tugas yang diberikan. 
Yang menarik dari adanya kegiatan belajar di rumah ini membuat orangtua dan siswa yang sebelumnya enggan terlibat dalam paguyuban kelas kini menjadi antusias kedepan. Diharapkan kerjasama orangtua dalam pengelolaan pembelajaran semakin tinggi. 
3. Variasi tugas siswa
Penugasan yang di buat guru juga harus disesuaikan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum. Bentuk tugasnya juga bervariasi sesuai tujuan pembelajaran yang di buat guru, harus ada manfaat dan supaya mengerjakan tidak rugi. 
Bisa saja kegiatan penugasannya membantu pekerjaan di rumah seperti menyapu, mengepel atau membantu memasak di rumah yang penting relevan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
4. Portofolio siswa di grup WhatsApp
Tugas yang dikerjakan siswa di foto dan dikirimkan kembali melalui WhatsApp sehingga hasilnya bisa diketahui. Cara ini membuat ada komunikasi antara anak, orangtua dan guru dalam belajar di rumah. 
Hasil tugas tertulis juga wajib dikumpulkan siswa menjadi portofolio. Siswa menyimpan hasil karya dari tugas yang dikerjakan dalam buku. Setiap karya diberi nama lengkap, kelas dan tanggal. 


By : Robby Viandra Putra (VIII)

Komentar

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REFRESING BERSAMA KELUARGA LPI AL IKHLAS MANTREN

SMP-IT Al Ikhlas Mantren Juara I Lomba MHQ yang diadakan IIS PSM Magetan